Tuesday, June 12, 2012

Pendidikan Sebagai Fondasi Kemajuan (Belajar Dari Kaisar Jepang Hirohito)

Pendidikan merupakan suatu program yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, sebab kemajuan bernegara, sebab kemajuan negara bergantung pada pendidikan. Beberapa negara terbukti telah berhasil menunjukan kemajuan diantaranya recovery Jepang pasca Perang Dunia II dan beberapa negara ASEAN yang lebih berkembang saat ini secara ekonomi dan pembangunan. Pada Kenyataannya dimulai dari pendidikan . Fokusnya dititikberatkan pada pendidikan generasi muda sebagai generasi penerus pembangunan bangsa. dan penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa.
Ada satu hal yang menarik dan perlu kita jadikan catatan bersama. Setelah Kaisar Hirohito siuman dari pingsannya setelah pengeboman Hirosima dan Nagasaki pertanyaan pertama yang diungkapkannya adalah "Berapa guru yang masih hidup?". Hirohito sadar betul bahwa untuk membangun kembali jepang diperlukan sumbaer daya manusia yang handal. Untuk itu diperlukannya guru-guru yang handal pula. 
Upaya peningkatan mutu pendidikan tentunya selalu dihadapkan pada sejumlah hambatan dan tantangan di lapangan. Sebagai contoh, cara pandang masyarakat terhadap pendidikan masih perlu untuk terus ditingkatkan. Tidak jarang kita menemukan masyarakat di pedesaan yang tidak bergairah untuk menyekolahkan anak-anaknya. Artinya kalaupun anak-anak tersebut di drop-out mereka tidak merasa terganggu, biasa-biasa saja.
Hal Lainnya adalah cara pandang masyarakat tentang biaya transportasi dan biaya pakaian serta biaya lainnya yang muncul mengiringi kepergian dan kepulangan anak sekolah seringkali dianggap sebagai pengeluaran yang memberatkan. Alangkah baiknya jika biaya-biaya tersebut tidak dipandang sebagai pengeluaran akan tetapi sebagai investasi masa depan anak sekaligus orang tuanya. "Jika anak maju maka orang tuanya akan bangga. Inilah cara pandang yang harus di kembangkan, artinya semangat meningkatkan pendidikan harus dijadikan semangat bersama, baik itu pemerintah, anak didik, guru dan sekolah serta orang tua. Hanya dengan pendidikanlah manusia akan lebih baik dan berkembang demi menyongsong masa depan yang lebih baik dan gemilang.

No comments:

Post a Comment