Monday, May 7, 2012

Alasan Ibu Tidak Mau Menyusui Anaknya dan Bantahannya

Ibu-ibu muda jaman sekarang seringkali enggan untuk menyusui anaknya, meskipun mereka tau bahwa ASI merupakan Air susu yang baik bagi anaknya. Berikut alasan-alasan mengapa para ibu enggan menyusui anaknya beserta bantahan dari alasan tersebut :
  1. Menyusui mengakibatkan sakit pada payudara: alasan tersebut sering di kemukakan oleh ibu-ibu yang baru melahirkan anak pertama. faktanya itu hanya rasa sakit yang ditimbulkan karena belum terbiasa menyusui, karena apabila sudah terbiasa rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya. apabila rasa sakit masih terasa bisa berkonsultasi dengan dokter maupun bidan terdekat.
  2. Payudara menjadi kendor : payudara menjadi kendor itu hal biasa karena payudara yang menyusui otot-otot yang terdapat dalam payudara berkontraksi, tetapi itu bisa diatasi dengan rajin berolah raga yang gerakannya diperuntukan mengembalikan kembali otot-otot payudara anda kencang kembali.
  3. Sakit : ibu yang sakit jangan menyusui anaknya. itu hanyalah mitos faktanya ibu yang sakit boleh menyusui anaknya karena senyawa yang terkadung dalam Air Susu Ibu mengandung anti body yang gunanya sebagai kekebalan tubuh bagi sang bayi agar tidak tertular penyakit yang diderita oleh ibunya.
  4. Bayi terkena diare : justru sebaliknya bayi yang terkena diare/infeksi usus pengobatan terbaiknya yaitu dengan menyusu. karena menyusu dengan ASI itu lebih baik dari pada susu formula
  5. Sibuk kerja : alasan ini sering dikemukakan oleh ibu-ibu yang bekerja atau wanita kalier. Sekarang ini hal tersebut bisa diatasi dengan di pompa Air Susu Ibunya lalu disimpan di lemari pendingin sehingga walaupun ditinggal bekerja sang bayi masih bisa menikmati Air Susu Ibunya
Itulah alasan-alasan ibu yang menyusui enggan untuk memberikan Air Susunya atau ASI ekslusif bagi bayinya. Seharusnya ibu-ibu tahu bahwa ASI lebih baik dari pada susu formula.

No comments:

Post a Comment