Sunday, June 3, 2012

Inspirasi Untuk Toleransi

Manusia di lahirkan tidak untuk menjadi manusia yang individualistis, akan tetapi dilahirkan untuk menjadi manusia yang bersosialisasi dengan sesama manusia dan alam sekitar. Terlebih manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku dan untuk saling kenal-mengenal. Atas dasar itulah kita diwajibkan untuk saling menghargai, bertoleransi dengan manusia lain.
Perlu kita syukuri negara kita tercinta Indonesia mempunyai aneka ragam budaya, hampir setiap pulau mempunyai suku bangsa yang berbeda. Hal ini patut kita banggakan akan tetapi jangan kita terlena karena dengan masyarakat yang beraneka ragam bisa menimbulkan pergesekan-pergesekan satu sama lain, ini pernah kita alami di negara kita seperti contoh peristiwa bentroknya suku dayak dengan madura, tragedi ambon, dan sampai sekarang pun sering kita dengar dan kita saksikan di tanah Papua sering kali terjadi perang suku, belum lagi tawuran warga, tawuran anak sekolah yang bikin hati kita miris. Ironis sekali, negara kita yang dikenal  dengan keramah-tamahannya ternyata menyimpan konplik horizontal yang tidak juga reda. Pertanyaannya apa ada yang salah dengan negara kita? kita tidak tahu karena jawabannya kembali pada diri kita masing-masing. Sering kali kita mengedepankan ego kita sendiri yang terkadang untuk memperjuangkan hak-hak kita sering kali mengahalalkan segala cara yang tentunya sering melanggar hak-hak orang lain.
Sepatutnya kita bercermin pada anak-anak kita, yang bermain, bercanda dengan teman-temannya tanpa dibentengi dengan keegoisan, walaupun terkadang terjadi perselisihan namun tak berapa lama mereka akur kembali. Itulah yang harus kita contoh dalam kehidupan bermasyarakat di negri kita tercinta ini. perselisihan, persengketaan, kesalah pahaman merupakan seuatu yang lumrah terjadi, akan tetapi hal tersebut janganlah membuat persaudaraan kita tercerai-berai. Mari kita tanamkan rasa kebersamaan, toleransi dan persatuan dan kesatuan pada diri kita agar terciptanya rasa aman, tentram di negeri ini. Kita lukiskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semboyan negara kita yaitu BHINEKA TUNGGAL IKA. Berbeda-beda tetapi satu, satu negara, satu tujuan menuju Indonesia yang aman dan tentram.

No comments:

Post a Comment