Monday, June 18, 2012

Efektifitas Guru Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Suatu negara pasti memiliki presiden, wakil presiden dan dibantu oleh para menteri. Guru Kelas/ Wali Kelas merupakan presiden yang berkedudukan di dalam kelas. Dalam menjalankan roda pemerintahan di dalam kelas, guru kelas dibantu oleh ketua kelas dan perangkat kelas lainnya. Guru kelas adalah orang yang bertanggung jawab segala sesuatu yang ada di dalam kelas. Dalam menjalankan tugasnya guru kelas harus mempunyai garis-garis besar yang tertuang dalam rencana agenda kelas, program semester, dan program tahunan. Pertannyaannya adalah "Kapan Anda sebagai guru kelas membuat kesepakatan menyusun agenda kelas, program semester, dan programtahunan?" Jawabannya : Ketika anda ditetapkan berdasarkan surat keputusan kepala sekolah sebagai guru kelas . Dan ketika anda ingin melibatkan murid-murid anda dalam proses pembelajaran pengelolaan di dalam kelas. Dengan kata lain, Anda ingin meningkatkan praktik pembelajaran dan pengelolaan dalam kelas anda.
Dapat dikatakan juga bahwa tujuan utama pengelolaan kelas adalah untuk mengubah perilaku siswa di dalam kelas anda, perilaku guru yang mengajar di kelas anda, dan/atau mengubah kerangka keraja dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih baik. Jadi, Pengelolaan kelas oleh guru kelas dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan dan pendekatan baru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dan untuk memecahkan masalah yang ada di dalam kelas yang pada gilirannya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sementara itu, guru kelas berfungsi sebagai :
  1. Orang yang dapat mengatasi masalah-masalah di dalam kelas.
  2. Orang yang bisa mendiagnosis siswa yang mempunyai masalah.
  3. Orang yang mampu memberi pelatihan kepada siswa yang mendorong timbunya kesadaran diri.
  4. Orang yang bisa memasukan sistem(pendekatan dan inovatif) ke dalam ruang kelas.
  5. Orang yang dapat mengkomunikasikan siswa, orang tua/wali.
  6. Orang yang bisa memasukan berbagai alternatif kebutuhan kelas terhadap pemecahan masalah didalam kelas.
Dengan fungsi di atas maka guru kelas akan berhasil apabila dalam mengelola kelasnya bisa bekerja efektif. Dikatakan efektifn jika guru kelas bisa meningkatkan minat belajar siswa dalam kelasnya.

No comments:

Post a Comment