Sunday, May 20, 2012

Mau Jadi PNS? Siap-Siap Moratorium Akan Berakhir

Moratorium atau penghentian sementara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlaku 1 September 2011 akan segera berakhir pada 31 Desember 2012, walaupun demikian belum diketahui kapan penerimaan CPNS kembali dilaksanakan.
Untuk diketahui pada Agustus 2011 lalu Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) resmi menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga mentri terkait moratorium perekrutan CPNS di kantor wakil Presiden, Jakarta. dengan adanya penandatanganan SKB tersebut maka moratorium resmi berlaku sejak 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012 atau selama 16 bulan.
Pemerintah berkomitmen ingin membenahi segala sesuatu tentang perekrutan PNS. berbagai peraturan yang berlaku tentang kepegawaian juga akan di tata kembali. Terdapat pengecualian dalam moratorium ini seperti tenaga medis,  petugas keselamatan publik, dan tenaga pengajar. Kebijakan ini diambil karena jumlah PNS yang ada saat ini sangat banyak.
Akibatnya belanja pegawai saat ini jauh lebih besar ketimbang belanja publik atau anggaran yang digunakan untuk pelayanan publik dan pembangunan. Saat ini di 294 kabupaten/kota di seluruh Indonesia lebih dari 50% APBD. Di 116 Kabupaten/kota malah mencapai lebih dari 60 persen. bahkan ada kabupaten/kota yang mengalokasikan belanja pegawai lebih dari 70 persen dari APBD.

sumber: PPCI

No comments:

Post a Comment