Wednesday, May 2, 2012

Apa Khabar Pendidikan Indonesia

Enam Puluh Tujuh tahun rakyat Indoesia terbebas dari belenggu penjajah, suatu pencapaian umur yang tidak muda lagi. Namun apa yang telah dihasilkan dari kemerdekaan itu sendiri? Kalau dilihat dari seorang manusia yang sudah berumur lebih dari setengah abad mungkin sudah disebut tua, akan tetapi sesuatu yang tua belum tentu membuahkan pencapaian yang bisa disebut sukses. karena untuk mencapai hal tersebut banyak faktor yang tidaklah mudah.
khusus dibidang penddikan sampai sekarang masih jauh dari kata sukses, kenapa demikian? karena kalau kita tinjau jauh ke pelosok negeri banyak sekali kekurangan-kekurangan yang bikin hati kita sedih meyaksikannya. Banyak sekali sekolah-sekolah yang kurang dari kata memadai untuk disebut sebuah sekolah, sarana dan prasarana penunjang begitu serba kekurangan apa bila kita bandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di kota. Bahkan banyak sekolah yang tidak pantas disebut sebuah bangunan sekolah akan tetapi lebih pantas disebut kandang atau sebuah gudang, karena dinding bangunannya hanya terbuat dari bambu-bambu, dan atapnya terbuat dari ilalang-ilang yang di anyam. Belum lagi sarana penunjang seperti jalan. banyak sekolah yang jauh dari lingkungan penduduk yang waktu tempuhnya bisa mencapai berjam-jam, ditambah lagi dengan jalanan yang rusak, dan tidak ada sarana transfortasi.
Fenomena tersebut sangatlah jauh berbeda apabila kita bandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di kota. Gedung yang megah dengan sarana dan prasarana yang komplit, jelas terlihat. Dan yang menjadi pertanyaan kenapa pemerintah membuat suatu dasar kelulusan yang sama? bukanka dari contoh diatas sungguh jelas berbeda. akan sangat tidak adil apabila seorang anak diberi standar yang sama tetapi kualitas pendidikannya berbeda. Mungkin standar kelulusan tersebut dimaksudkan untuk pemetaan tingkat atau kualitas pendidikan tersebut, akan tetapi kenapa yang mendapat bantuan adalah sekolah-sekolah yang tingkat kelulusannya bagus. bukankah seyogyanya bantuan diperuntukan buat sekolah-sekolah yang kualitasnya dibawah standar yang ditetapkan pemerintah.
Itulah sekilas pendidikan yang ada di negara kita, bertepatan dengan hari pendidikan kali ini semoga apa yang manjadi cita-cita bangsa indonesia dalam bidang pendidikan bisa tercapai. Dengan adanya kerja sama baik pemerintah pusat dan pemerintahan daerah pemerataan pendidikan bisa tercapai dan bisa terasa oleh masyarakat yang ada di pelosok-pelosok negeri. semoga................

bagi yang membaca artikel ini mohon kritik, saran maupun komentarnya!

No comments:

Post a Comment