Tuesday, January 10, 2012

Keluarga Adalah Pendidikan Pertama Dan Utama

Keluarga adalah bagian terkecil dari sebuah lingkungan masyarakat, namun mempunyai peranan penting dalam menciptakan suatu karakter setiap individu. karena pembentukan karakter manusia tidak dapat ditentukan oleh sebuah pendidikan formal yang hebat atau mahal. Karakter dapat dibentuk di lingkungan keluarga, oleh sebab itu komunikasi antara orangtua dan anak harus barjalan dengan baik. Dan komunikasi tersebut haruslah berkualitas
Komunikasi yang berkualitas harus diikuti dengan intensitas pertemuan yang baik Jangan karna orang tua sibuk di tempat kerja, sehingga kurangnya memperhatikan perkembangan si anak. Banyak orang tua memberikan tanggung jawabnya untuk mengasuh, membimbing, dan mendidik anak-anaknya dibebankan kepada pembantu atau baby sitter. Sehingga banyak anak yang lebih dekat dengan pembantu atau baby sitter dibanding dengan orang tuanya. Ini yang harus dihindari banyak keluarga kita. Kenapa demikian? Karena akan mempengaruhi pendidikan karakter anak tersebut. Sebaik-baiknya bimbingan dan pendidikan yang diberikan orang lain tidak akan sebaik apa yang diberikan orang tuanya.
Banyak kasus di keluarga si anak menangis ditinggal pembantunya atau baby sitter dibanding dengan ditinggal oleh orang tuanya. Sungguh ironi sekali, yang seharusnya anak lebih senang berlama-lama dengan orang tuanya tetapi dia malah lebih milih pembantunya.Oleh karena itu, himbauan bagi para orang tua perbaikilah komunkasi dengan anak, mutu dan intensitas komunikasi agar lebih diperhatikan. Jangan sampai si anak merasa tidak diperhatikan atau dengan kata lain anak menjadi broken home. Yang ditakutkan akan mencari pelarian di lingkungan luar lebih jauh lagi di takutkan akan terjerumus ke lembah hitam.

No comments:

Post a Comment