Monday, January 2, 2012

Cita-Cita Pendidikan Indonesia

Pendidikan sembilan tahun sudah akrab ditelinga kita, bahkan sudah menjadi menu utama dalm acara-acara pendidikan. Cuma bagi sebagian masyarakat kita, hal tersebut masih terasa sangat sulit untuk diwujudkan. Kenapa demikian? ini dikarenakan upaya pemerintah dalam rangka menyukseskan WAJAR Sembilan tahun belum dibarengi dengan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, Salah satu contoh, masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil sangatlah sulit untuk menemukan sekolah-sekolah yang dekat dengan rumahnya. Bahkan terkadang untuk mendaftar ke sekolah terdekat harus menempuh perjalanan berkilo-kilo meter, ditambah lagi tidak adanya alat trasportasi menuju ke sekolah tersebut. Sehingga hanya mengandalkan dengan berjalan kaki yang waktu tempuhnya bisa berjam-jam. Sungguh ironis sekali, dengan apa yang digembor-gemborkan pemerintah. 
Lalu siapa yang salah dengan melihat kenyataan diatas? Saya rasa kita tidak boleh saling menyalahkan, atau memojokan salah satu pihak. Pendidikan adalah tanggung jawab kita semua, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah ataupun kita selaku masyarakat harus bahu membahu menyukseskan apa yang menjadi program pemerintah tersebut. Lebih jauh lagi apa yang dicita-citakan bangsa ini dan menjadi amanat UUD45 yaitu mencerdaskan bangsa bisa terlaksana dengan baik.
Kita tidak mau anak cucu kita menjadi anak2 bodoh dan kalah bersaing dengan bangsa-bangsa lain, yang kita inginkan anak-anak kita mampu menghadapi tantangan masa depan yang penuh dengan persaingan. Dalam menghadapi perdagangan bebas kita memerlukan manusia-manusia pintar dalam berbagai bidang, kita rindu hadirnya Habibie-Habibie muda yang mampu berbicara bukan hanya ditingkat nasional tapi mampu bicara dan diperhitungkan di tingkat internasional.
Oleh karna itu, mari kita singsingkan lengan baju kita, kita bahu membahu menyukseskan pendidikan bangsa kita ini, janganlah kita berpangku tangan atau berdiam diri, kerahkan segala kemampuan kita guna mencerdaskan bangsa. jangan hanya menunggu bantuan pemerintah tapi apa yang kita punya keluarkan guna kemajuan penddikan kita. Jangan tanya apa yang kita dapat dari negeri ini tapi apa yang telah kita berikan untuk negeri ini. Majulah Pendidikan Indonesia, Majulah Bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment