Friday, April 27, 2012

5 Tips Memilih Universitas Atau Perguruan Tinggi

Akhir tahun ajaran sebentar lagi, hal ini mungkin membuat hati bahagia dan mungkin sesuatu yang mendebarkan karena harus menunggu dengan perasaan was-was bagian terakhir yaitu pelulusan. Bukan untuk mengenyampingkan kelulusan, tetapi sekiranya bagi adik2 yang nantinya setelah lulus SMU akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi (kuliah) ada perlunya untuk mempersiapkan diri dan harus sudah menentukan ke mana kalian akan melanjutkan. Berikut tips-tips untuk membantu kalian menentukan universitas mana yang akan kalian tuju.
  1. Tetapkan pilihan kalian terhadap Universitas atau Perguruan Tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat kalian, jangan sesekali kalian kuliah di tempat yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kalian karena itu akan membuat cara belajar kalian tidak benar dengan kata lain ogah-ogahan.
  2. Cari Universitas/Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi. Universitas yang terakreditasi berarti sudah terdaftar dan diakui oleh dinas terkait dan itu membuat Universitas/PT tersebut diakui keberadaannya dan di akui kegiatan belajar mengajarnya dan otomatis lulusannya diakui.
  3. Cari Universitas yang sesuai dengan kemampuan kantong kalian/ortu kalian. Banyak Universitas atau Perguruan Tinggi yang biaya perkuliahannya terjangkau, dan banyak yang menyediakan fasilitas bea siswa. karena biaya yang tinggi akan menyulitkan kalian dalam belajar dan parahnya mungkin bisa membuat kalian putus di tengah jalan.
  4. Cari yang fasilitasnya lengkap. fasilitas yang lengkap akan membuat kemudahan dalam belajar kalian, baik itu fasilitas penunjang akademis maupun non akademis, contohnya laboratorium, perpustakaan, sarana olah raga, dll.
  5. Staf pengajar. Cari Universitas yang staf pengajarnya berkompeten di bidangnya, itu bisa diliat dari gelar yang ada di depan atau di belakang namanya, apa frof, Dr, MM, atau cuma S.Pd. Mungkin kalian tau mana yang lebih baik tingkat pendidikannya jadi ga perlu dipaparkan lagi
Mungkin itu sebagian tips-tips guna melanjutkan kuliah, semoga apa yang kalian pilih akan membuat masa depan kalian lebih baik.

No comments:

Post a Comment